Share Knowledges and Experiences

Tempatnya Berbagi

  • Kumpulan Soal CPNS Lengkap

Dapatkah penelitian kimia dilakukan tanpa laboratorium..

Posted by Sumber Pustaka Kita Semua pada Desember 24, 2008

Sering saya berkunjung ke universitas atau sekolah SMA yang jauh dari kota terutama daerah yang jauh dari kota besar. Disana sering mendapatkan dan mendengar dari guru maupun dosen mereka tidak bisa melakukan praktikum karena tidak punya Lab, alat dan bahan.  Sungguh menyedihkan memang dan sangat miris bila mendengarkannya. Selain kita berpikir bagaimana nanti hasil anak didik yang dikeluarkan juga tentu kita juga memikirkannya.

Setelah saya bergelut beberapa tahun dengan penelitian yang bersifat non Lab (cooking chemistry) ternyata saya mendapati bahwa ternyata tanpa laboratorium pun kita dapat melakukan penelitia atau praktikum. Dengan hasil yang sudah tentu dapat dipercaya validitasnya.

Tentu jadi pertanyaan apa gerangan yang dapat kita lakukan untuk melakukan penelitian tanpa Lab? Jawabnya sederhana. Kita dapat melakukannya dengan bantuan komputer. Pada bagian akhir saya tampilkan beberapa hasil penelitian yang telah saya seminarkan yang dilakukan tanpa laboratorium. Tentu anda tertarik dengan tantangan ini, saya sangat mendukung bila ada saran untuk diskusi dalam rangka memajukan pendidikan di Indonesia

1.  Analisis Struktur Magnesium Bulk Sebagai Hidrogen storage: studi ab initio dan DFT

( seminar Nasional di UNS Solo, 2008)

2.  Analysis of Adsorption and dissociation of Hydrogen on Mg(0001) surface

(Seminar internasioanaal UII Yogya)

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
