Share Knowledges and Experiences

Tempatnya Berbagi

  • Kumpulan Soal CPNS Lengkap

Prinsip kerja ESI

Posted by Sumber Pustaka Kita Semua pada Maret 21, 2011

Elektroda Selektif ion (ESI) adalah sel paro elektrokimia (elektroda) yang menggunakan membran selektif ion sebagai elemen  pengenal (sensor), karenanya ESI akan lebih merespon analit yang disensornya dibandingkan ion lain yang berada bersama-sama dalam sampel. Membran merupakan lapisan tipis bersifat semipermeabel yang memisahkan 2 fasa dengan permeabilitas yang terkontrol.

Pada saat kontak dengan larutan analit, bahan aktif membran akan mengalami disosiasi menjadi ion-ion bebas pada antarmuka membran dengan larutan. Jika anion yang berada dalam larutan dapat menembus batas antarmuka membran dengan larutan yang tidak saling campur, maka akan terjadi reaksi pertukaran ion dengan ion bebas pada sisi aktif membran sampai mencapai kesetimbangan  elektrokimia. Mekanisme pertukaran ion pada antarmuka membran  dengan larutan dinyatakan dalam reaksi :

dengan

E° = Potensial standar dari elektroda

R = konstanta gas (8,314 JK-1mo l-1)

T = temperatur kamar (25° C atau 298 K)

F = bilangan Faraday (96485 C mol-1)

ax- = aktivitas anion x-

n = muatan anion analit

Kesetimbangan elektrokimia akan menghasilkan beda potensial pada antarmuka membran dengan larutan. Beda potensial  yang timbul ditentukan oleh aktivitas ion target yang dinyatakan dengan persamaan Donnan sebagai:

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: