Share Knowledges and Experiences

Tempatnya Berbagi

  • Kumpulan Soal CPNS Lengkap

Kiat agar sukses kuliah di universitas

Posted by Sumber Pustaka Kita Semua pada Oktober 13, 2012

Kuliah pertama kali di universitas merupakan suatu kebanggaan apalagi kita bisa menembus universitas favorit dan jurusan yang grade serta gensinya tinggi. Namun dibalik kebanggaan itu ada sejuta tantangan yang mau tidak mau mesti kita hadapi jika ingin berhasil dengan baik atau gagal ditengah jalan. Memang mungkin sewaktu pertama kali berusaha untuk menembus universitas tersebut terbayang dipikiran kita jika telah lulus test masuk maka akan terasa lebih mudah, sekali lagi mudah atau tidaknya menjalani perkuliahan berbeda tiap tiap orang namun, sebagaian besar yang pernah saya tanya pengalamannnya di awal masuk perkuliahan memang awal masuk perkuliahan diperlukan sedikit kemampuan dan kerja keras dibandingkan sewaktu di SMA, hal ini juga disebabkan sewaktu di SMA semua siswa memperoleh perhatian yang sama sehingga perkembangan siswa dipantau oleh sekolah, sedangkan di universitas mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih, sehingga kelulusan pun dapat diselesaikan dalam waktu yang berbeda-beda, meskipun ditargetkan untuk dapat menyelesaikan studi di universitas dalam empat namun tidak semuanya dapat selesai tepat waktu. Pengalaman saya secara pribadi masuk di awal perkuliahan bukan hanya diperlukan usaha dan kerja keras namun perlu triks dan strategi untuk menyelesaikan segala permasalahan di perkuliahan. Disini saya ingin berbagi strategi yang pernah saya gunakan sewaktu di S1 yang mungkin dapat digunakan oleh rekan-rekan mahasiswa yang baru memasuki perguruan tinggi. Berikut ini saya ingin berikan beberapa tips dan trik untuk awal di perguruan tinggi.

1. Buat target tiap semester
Strategi dalam menyiapkan diri disetiap semester sangat penting, hal ini karena model pembelajaran berbeda dengan belajar di SMA, bila mata pelajaran di SMA dapat diselesaikan atau diperbaiki pada waktu yang sama, diperguruan tinggi biasanya harus di ulang pada dua semester berikutnya. Bila kita menawar di semester ganjil maka mata kuliah yang bersangkutan hanya akan di tawarkan pada semester ganjil berikutnya. Sehingga akan mengurangi jatah SKS di semester berikutnya dan menambah lama studi.

2. Usahakan lulus semua mata kuliah di semester 1,2,3
Biasanya mata kuliah di semester 1, 2, 3 adalah mata- mata kuliah dasar, maka biasanya akan lebih ringan bebanya bagi kita untuk menyelesaikan kuliah ini. Di semester ini biasa ditawarkan mata-mata kuliah seperti kimia dasar, fisika dasar, bahasa indonesia, dan bahasa inggris terutama i semester 1 dan 2. Sedangkan di semester 3 ditawarkan mata kaliah awal dari sekian banyak mata kuliah bidang minat, jadi kesimpulannnya di semeter ini kesempatan bagi kita untuk mengumpulkan sks sebanyak mungkin. Jika ada yang tidak lulus di semester-semester ini akan sangat mengganggu lama studi kita di universitas, ini disebabkan pada saat kita ingin menawar kembali mata kuliah yang ada di semester ini akan ada beban psikologis yang besar, karena kita akan kuliah kembali yang mahasiswa baru yang statusnya adalah adik kelas kita yang baru masuk di universitas. Mungkin mereka berfikir bahwa kita pasti lebih bodoh dari mereka dan ini akan menjadi beban psikologis bagi kita sebagai kakak kelasnya untuk mengukang mata kauliah di semester tersebut. Akhirnya tentu kegagalan (ketidaklulusan) akan kembali terjadi.

3. Buatlah catatan dengan baik
Jika kita datang ke kampus maka perlu untuk membawa dan membuat catatan sendiri dan mencatat sendiri materi kuliah. Jangan sekali- kali berharap untuk memfotocopy catatan dari teman, karena catatan kita akan lebih mudah dimengerti daripada catatan teman. Apabila kita merasa kurang cepat manangkap atau memahami apa yang diajarkan dosen maka gunakan buku catatan yang berbeda yang anda simpan di rumah untuk tiap-tiap mata kuliah, sehingga setelah selesai kuliah anda kembali mencatat materi kuliah tersebut di rumah. Yakinlah ini akan mempermuah anda dalam memahami pelajaran.

4. Belajar secara kontinyu
Proses belajar di universitas harusm kita lakukan secara kontinyu, biasanya inilah bagian yang membedakan antara mahasiswa di universitas maju dan di universitas baru berkembang. Di universitas maju jumlah jam belajar mahasiswa itu lebih tinggi dari universitas baru berkembang, sehingga banyak referensi yang dapat digunakan untuk tiap-tiap mata kuliah. Biasa di universitas berkembang ada sistem kebut semalam (besok ujian sekaranb baru belajar). Belajar secara kontinyu bukan hanya untuk mencari hasil yang baik namun akan membantu otak untuk dapat menyerap dengan baik dan akhirnya ada sesuatu yang masih melekat dikemudian hari jika kita sudah tidak mempelajari mata kuliah tersebut.

5. Jangan menghapal rumus
Untuk mahasiswa jurusan eksakta rumus merupakan momok yang menakutkan karena mesti dihapal untuk dapat menyelesaikan permasalah di kuliah. Kita terkadang berusaha mati-matian untuk menghafal rumus-rumus yang ada. Namun bila ini dilakukan pasti akan susah bagi kita untuk mengembangkan rumus tersebut untuk menyelesaikan permasalahan di kuliah, malah ini akan membebani otak kita, bisa-bisa hang. Cara yang paling bisa dilakukan adalah dengan menulis rumus- rumus tersebut dikertas kecil-kecil yang ukuranya tulisanya dapat dilihat dari jarak 1-2 meter. Kemudian tempellah rumus tersebut di kamar belajar kita sehingga saat kita memandang dinding kita akan melihat satu rumus demikian setiap hari pasti kita akan dapat mengingat rumus tersebut.

6. Tanyakan karakteristik dan sifat dosen
Selain trik di atas maka untuk kesuksesan kita kuliah di Universitas penting juga untuk mengetahui karakteristik dari seorang pengajar serta sifat- sifat dosen yang mengantarkan mata kuliah tersebut karena beda dosen akan beda karakteristiknya, selain itu beda dosen maka akan berbeda tipe soalnya. Kemana kita bertanya tentang ini? Tanyakalah kepada kakak kelas anda yang memiliki prestasi baik dan jangan kakak kelas yang tidak berprestasi. Kesalahan tempat bertanya akan menyesatkan anda kata pepatah malu bertanya jalan terus. Eh bukan…. Salah bertanya maka akan tersesat. Bila kita bertanya pada kakak kelas yang berprestasi maka akan diceritakan tips mereka sehingga dapat memperoleh hasil yang baik, namun jika anda bertanya ke kakak yang kurang berprestasi maka akan membuat anda semakin bingung, yah jelaslah karena yang ditanya saja sudah bingung tentang dosen bersangkutan bagaimana mereka bisa memberikan referensi.

Demikian tips yang mungkin bisa digunakan bagi anda mahasiswa baru yang baru masuk di universitas yang keinginannya ingin cepat selesai dengan hasil yang bagus. Selamat mencoba silakan tanggapannnya ditunggu.

Satu Tanggapan to “Kiat agar sukses kuliah di universitas”

  1. cicii_suciamalia said

    tengkyu pak

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: